Cara Install Ulang Software BlackBerry error 513 dengan BBSAK


Selamat siang Ada Artikel, hari ini merupakan hari yang sangat mengembirakan bagi saya dan salah seorang sahabat saya karena dengan adanya masalah yang dia hadapi dan membaginya kepada saya.

Adapun masalah yang tidak bisa dia hadapi sehingga membaginya kepada saya yaitu handphone miliknya rusak dan tidak tahu cara memperbaikinya sedang saat ini dia tidak ada kesempatan ke tempat service handphone.

Berita baiknya adalah ketika memulai eksperimen pada pada handphone tersebut hasilnya berujung baik dan handphone tersebut dapat digunakan kembali, pada awalnya saya memang pernah melihat seseorang me-reload software tetapi hanya sepintas saja dan akhirnya saya yang mencobanya untuk membuktikan bahwa reload atau reinstall itu sangatlah muda. yang lebih panting lagi dari masalah ini adalah saya telah mendapatkan ilmu dan pengalaman baru.

Seperti biasanya untuk mempersingkat waktu maka saya mulai saja cara memperbaiki handphone ini, berikut lankah-langkahnya.
Pertama sediakan tools yang diperlukan untuk proses reload.
1. Download BBSAK disini
2. Download Firmware BlackBerry sesuai Device Blackberry anda disini
3. Download juga BackBerry Device Manager bila diperlukan (dalam kasus saya, tidak diperlukan)
4. Kabel data

Selanjutnya proses penginstallan.
1. Install BBSAK dan Firmware yang telah di download tadi sampai selesai.
2. Ambil kabel data dan colokkan ke HP
3. Buka BBSAK sampai terdeteksi pin BB handphone tersebut (dapat melihat gambar dibawah ini).

4. Apabila pin BB terdeteksi maka proses dapat dilanjutkan.
5. Masuk ke direktori "C:\Program Files (x86)\Common Files\Research In Motion\AppLoader" tanda (x86) bila menggunakan windows 64bit. kemudian hapus file Vendor.xml
6. Kembali ke layar utama BBSAK, untuk tetap akan menggunakan aplikasi lama maka lakukan backup terlebih dahulu, jika tidak silahkan di wipe untuk memulai penghapusan data. (untuk memaksimalkan kinerja handphone baiknya di wipe tanpa ada data lama yang tertinggal).
7. Selanjutnya klik Load OS untuk memulai penginsallan software, harap dipastikan kembali bahwa Firmware yang diinstall sesuai dengan device handphone anda.
Note : Apabila muncul pesan "No OS Found, Please Install OS" atau "Please Install Firmware" dan semacamnya.
masuk kembali pada direktori "C:\Program Files (x86)\Common Files\Research In Motion\AppLoader" kemudian jalankan manual Loader.exe
8. Mulai penginstallan OS, klik next akan terdeteksi otomatis pin bb anda, jika ya klik next dan pastikan memilih install versi lama. (dapat melihat beberapa gambar berikut).



9. Jika berhasil, silahkan ditutup dan cabut kabel data dari laptop ke handphone anda.
10. Jika handphone tidak menampilkan lagi error 513 maka handphone anda berhasil diinstall atau diperbaiki.

Sekian tips dari saya mengenai cara memperbaiki handphone blackberry yang mengalami error 513 atau perintah reload os. Apabila ada pertanyaan dapat bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan, semoga bermanfaat. dan hp anda kembali dengan aman.

Thanks for reading.
*****

11 komentar:

  1. Thanks untuk tuntunannya akhirnya BB Bold 9790 bisa lagi, thanks

    BalasHapus
  2. Kalo komputer ny 34 bit bisa ga

    BalasHapus
  3. klu pin disconnect gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan agar connect dulu gan, posisi devicenya mati dulu

      Hapus
  4. Mantap gan, hp jadul saya jadi bisa hidup lagi, tq gan

    BalasHapus
  5. Terimakasih mind.
    Hp saya berhasil..

    BalasHapus
  6. terima kasih telah membantu dengan artikel anda

    BalasHapus

Berilah komentar dengan bijak, saling menghargai itu baik. Apabila ada link error segera hubungi kami.