Cara membuat Form Daftar Registerasi Otomatis dengan Penggabungan Formula Excel Dasar dan CSE


Selamat malam sahabat, jumpa lagi kita pada salah satu artikel education yang cukup digemari kalangan pelajar ini, tidak terasa sudah lebih 3 tahun yang lalu saya memberikan contoh penyelesaian rumus atau formula pada dokumen pintar ini. Sementara ini saya sedang bekerja dengan jadwal yang cukup padat, jadi mohon maklum bagi teman yang belum sempat saya balas emailnya mengenai penyelesaian soalnya pada Microsoft Office Excel.

Tanpa mengurangi rasa cinta saya pada sahabat kalian dan untuk mengefisienkan waktu berikut saya akan berikan salah satu tips ampuh dan juga merupakan salah satu request sahabat pada email saya, kurang lebih sama yaitu tentang cara membuat daftar calon karyawan yang lulus berkas secara otomatis berdasarkan pendidikan terakhirnya.

Ready! Sekarang mari kita mulai mengerjakan bersama.
Buat daftar nama calon karyawannya baik yang sudah terdaftar maupun yang belum, dapat lihat contohnya pada gambar berikut.
Setelah selesai arahkan cursor ke cell D4 kemudian masukkan formula berikut :
=IF(OR(ISNUMBER(SEARCH("s3";B4;1));ISNUMBER(SEARCH("s2";B4;1));ISNUMBER(SEARCH("s1";B4;1));ISNUMBER(SEARCH("d3";B4;1)));TRIM(A4);"")
Tarik formula sampai ke cell D17, caranya seperti biasa yaitu klik tahan dan geser ujung kanan bawah cell yang aktif dengan formula awal (cell D4) dan hasilnya seperti gambar berikut.
Selanjutnya arahkan lagi cursor ke cell F4 dan masukkan formula CSE berikut untuk mengurutkan daftar nama registerasi, cara kerjanya akan melewati baris yang kosong sehingga daftar nama registerasi lebih rapi :
{=IFERROR(INDEX(D$2:D$1000;SMALL(IF(D$2:D$1000<>"";ROW(D$2:D$1000)-ROW(D$2)+1);ROW(D3)));"")} tekan Ctrl+Shift+Enter untuk menyelsaikan formulanya.
Note : Formula array (CSE) tidak akan bekerja jika tidak menekan Ctrl+Shift+Enter 
Tarik juga cell F4 sampai cell F17 seperti sebelumnya, hasilnya seperti gambar berikut.
Langkah terakhir cukup memindahkannya di kolom hasil dengan cara arahkan cursor ke cell I4 dan masukkan formula =F4 dst, atau dapat juga dibuat pada sheet tertentu sesuai keinginan sahabat.
Keterangan :
IF, IFERROR dan OR merupakan rumus logical yang sudah umum digunakan dikalangan pelajar.
ISNUMBER dan SEARCH merupakan rumus dasar tambahan selain penggunaan IF, rumus ini sangat mudah digunakan untuk memanggil data karena cukup memanggil beberapa (contain) huruf/kata sudah bisa mengidentifikasi data apa yang akan kita panggil.
INDEX, SMALL, ROW ini formula jarang digunakan, cuma beberapa formula saja yang menggunakan gabungan formula ini.
CSE Formula (array formula) merupakan formula yang harus diselesaikan dengan menekan Ctrl+Shift+Enter karena bila hanya menekan Enter formula tidak akan bekerja, bentuk umum formula ini pada awal formula dasar dibumbuhi tanda baca { dan diakhiri juga }.

Berikut saya juga bagikan video untuk melihat cara kerjanya.
Selamat mencoba, apabila yang dikerjakan tidak sesuai dengan yang terlihat pada video, bisa dijelaskan permasalahannya pada kolom komentar. Sekian terima kasih.

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar dengan bijak, saling menghargai itu baik. Apabila ada link error segera hubungi kami.