Contoh Soal Excel dengan penggunaan Fungsi (formula) If Left dan If Vlookup Mid


Selamat pagi sahabat, kali ini saya akan memberikan lagi contoh soal excel dan cara menyelesaikannya, sebelum itu saya informasikan bahwa soal berikut merupakan kiriman dari salah satu sahabat kita Arditya Zein yang baru baru ini menghubungi saya lewat email untuk mendapatkan penjelasan.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada sahabat kita Arditya Zein yang telah mengizinkan saya untuk membuat postingan dari soal excel yang telah dikirim kepada saya.

Selanjutnya mari kita lihat model soalnya seperti apa.

Dari pertanyaan diatas terlihat jelas kita diminta untuk menggunakan fungsi (formula) apa. Untuk mempersingkat waktu saya akan memberikan jawabannya satu per satu sebagai berikut :
Soal 1
=IF(LEFT(E10;1)="A";"SUPERMARKET";IF(LEFT(E10;1)="B";"FASHION";IF(LEFT(E10;1)="C";"ELEKTRONIK")))
Soal 2
=IF(F10="SUPERMARKET";VLOOKUP(MID(E10;3;3);$B$31:$C$33;2;0);IF(F10="FASHION";VLOOKUP(MID(E10;3;3);$B$31:$E$33;4;0);IF(F10="ELEKTRONIK";VLOOKUP(MID(E10;3;3);$B$31:$G$33;6;0))))
Soal 3
=IF(F10="SUPERMARKET";VLOOKUP(MID(E10;3;3);$B$31:$D$33;3;0);IF(F10="FASHION";VLOOKUP(MID(E10;3;3);$B$31:$F$33;5;0);IF(F10="ELEKTRONIK";VLOOKUP(MID(E10;3;3);$B$31:$H$33;7;0))))
Soal 4
=H10*I10
Soal 5
=IF(J10<=100000;5%*J10;10%*J10)
Soal 6
=J10-K10

Semua formula diatas dapat ditarik, hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut.
Catatan :

  • Dalam banyak kasus yang pernah saya dapatkan mengenai cara memanggil data dalam bentuk angka, data tersebut tidak terdeteksi, tersedia dan semacamnya yang biasanya disimbolkan dengan keterangan #N/A (Not Available). Ketika mendapati kejadian seperti itu maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memberikan tanda petik (') di awal angka tersebut. Misal '101
  • Sebelumnya saya juga ingin menginformasikan bahwa penggunaan tanda baca pada Excel 2007 dan sebelumnya berbeda pada excel yang terbaru. Separator yang digunakan bukanlah Koma (,) melainkan Titik Koma (;). Untuk soal yang saya kerjakan di atas, saya menggunakan Excel 2016 jadi tanda baca untuk pemisah saya gunakan Titik Koma (;).

Mungkin sekian dulu yang dapat saya sampaikan kepada sahabat semua, mohon kiranya dimaafkan apabbila ada salah kata dalam penulisan postingan ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat menambah wawasan kita dan terlebih lagi bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih telah membaca.
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar dengan bijak, saling menghargai itu baik. Apabila ada link error segera hubungi kami.