Indonesia menang tapi kalah di Piala AFF 2010 melawan Malaysia

Pertandingan Leg Final Kedua AFF 2010 di Stadiom "Gelora Bung Karno" Senayan Jakarta kemarin malam tidak berjalan dengan lancar seperti yang diinginkan oleh para Suporter Indonesia namun permainan Indonesia sudah bagus walau belum bisa menjadi juara, tetapi walau Indonesia memenangkan pertandingan 2:1 namun kalah agregat dari Malaysia 4:2 dan juga gol away untuk Malaysia sangat menguntungkan Tim Malaysia, karena dengan adanya gol away Andai skor Indonesia terhadap Malaysia 4:1, tetap Tim Malaysia yang akan mendapat Juara tetapi kata para suporter tidak apa-apa kalah yang penting menang di kandang sendiri.

Banyak faktor yang menyebabkan kalahnya Indonesi dari Malaysia yaitu

  1. Saat kapten Timnas Indonesia Firman Utina tidak memamfaatkan dengan baik satu kesempatan tendangan bebas dari kotak penalti, tendangan yang terlalu mudah dibaca oleh penjaga gawang Malaysia Khaerul Fahmi. Karena dengan kesalahan mengeksekusi bola ini, seluruh Pemain Indonesia sempat bebrapa saat terlihat tidak bersemangat atau Mental Down, andai eksekusi penalti Firman Utina masuk maka akan meningkatkan Mental maupun Semangat para pemaing lain Timnas Indonesia.
  2. Faktor yang kedua ini diakibatkan oleh bayaknya kesalahan Umpan maupun kurangnya dinding belakang Tim Nas Indonesia, kesalahan ini pada saat Indonesia terlalu terburu-buru melepaskan Umpan sementara itu hanya ada dua pemain yang melindungi dinding belakang indonesia membuat pemain Malaysia Safee Sali dapat menambah gol dengan mudah.
  3. Faktor yang ketiga ini datang dari pelatih Timnas Alfred Riedl dengan mengeluarkan Irfan Bachdin digantikan oleh Eka Ramdani, aku rasa Irfan Bachdin tidak mempunyai kesalahan malah dikeluarkan dengan cepat, kesalahan ini membuat Pelatih Tim Nas Alfred Riedl waktu aku lihat ada rasa penyesalan saat Pemain Tim Nas M. Nasuha mengalami cedera, pelatih Tim Nas Alfred Riedl bingung siapa pemain yang akan dimasukkan.


Sejak Indonesia berhasil menyamakan kedudukan 1:1 dari tendangan M. Nasuha dengan bola muntah dari tendangan Ahmad Bustomi, disini perlu di acuhkan jempol oleh Ahmad Bustomi karena dengan adanya gol itu membuat seluruh pemain Tim Nas kemabali memperlihatkan mentalnya. Namun golnya sangat disayangkan sebab sudah berada di menit 72 di babak kedua, andai gol itu di buat waktu babak pertama kemungkinan besar Indonesia akan keluar menjadi Juara Piala AFF 2010. Gol yang kedua dari Indonesia dibuat oleh pemain Tim Nas Indonesia Muhammad Ridwan yang berhasil membobol gawang Malaysia karena tendangan kerasnya mengenai kepala salah satu pemain Malaysia dan membuat penjaga gawang Malaysia Khaerul Fahmi tidak dapat menangkap bola tersebut.

Karena melihat denda yang diberikan malaysia sebesar US$40.000 dan tidak tidak diikutkan bermain selama 4 tahun, tidak masalah Malaysia menang karena bila tidak menang pasti sudah sangat kecewa karena sudah didenda pula. Namun kita dapat ambil hikmah dari semua ini, kegagalan ini merupakan kunci kemenangan di masa akan datang di pertandingan AFF berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar dengan bijak, saling menghargai itu baik.