Kewirausahaan: Contoh bisnis, basis segmentasi serta pasar target potensialnya


Berikut merupakan salah satu tugas kewirausahaan yang merupakan bagian dari materi ekonomi yang beberapa hari yang lalu diberikan oleh dosen. Tidak seperti tugas lainnya, tugas ini dikerjakan penuh analisis dengan melihat sisi kehidupan dan lingkungan masyarakat kota.

Soal:
Buat satu contoh bisnis yang anda inginkan, apa basis segmentasi dan pasar target potensialnya lalu tabelkan sesuai contoh dan terakhir tambahkan tempat atau lokasi bisnis tersebut.

Contoh tabel:
(contoh tabel dari slide dosen)
Jawab:
Berikut salah satu contoh bisnis dan tabel tugas yang telah aku buat.
Tambahan:
Tanpa adanya referensi aku tidak dapat mengerjakan tugas ini. (referensi berupa materi ekonomi dan lain lain). Contoh bisnis lainnya silahkan download Disini.

Referensi:
Lupiyoadi (2001-37), membedakan pasar dengan berbagai segmentasi, yaitu sebagai berikut:
  • Segmentasi demografi, melibatkan faktor seperti jenis kelamin, usia, ukuran keluarga, dan lain sebagainya. Sedangkan variable sosial ekonomi terdiri dari pendapatan, pendidikan, kelas sosial, dan etnik.
  • Segmentasi psikografis, memperhatikan pada tingkah laku masyarakat dan gaya hidup yang dianut, tidak dapat dibuat penjelasan dalam ukuran kuantitatif.
  • Segmentasi geografi, secara tipikal dimensi segmentasi geografi dikelompokkan atas faktor ruang lingkup pasar, termasuk pertimbangan dimana operasi perusahaan akan dilakukan, dan pengukuran pasar geografis, di mana di dalamnya pengujian tingkat kepadatan penduduk, faktor iklim yang berpengaruh, dan standarisasi area pasar.
  • Segmentasi benefit, diasumsikan bahwa manfaat yang dicari konsumen dari produk adalah alasan utama yang mendasari mereka untuk membeli produk.
  • Segmentasi penggunaan, memfokuskan pada tipe dan batasan penggunaan.
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar dengan bijak, saling menghargai itu baik. Apabila ada link error segera hubungi kami.