Part III - Penggunaan Formula atau Fungsi IF OR LEFT


Part III
Formula Gabungan (lebih dari dua formula)
Dalam tutorial Part III berikut ini saya menggunakan Formula Gabungan IF OR LEFT sebagai bahan ajar sebenarnya saya tidak mendapat tugas yang seperti ini tapi niat untuk belajar jadinya saya akan berusaha mencari Formula ini, sementara ada teman yang mendapat soal seperti ini, sementara hasil  browsing di Internet tidak ada hasil yang memuaskan, yang saya dapat hanya cara penggunaan IF, Or dan LEFT tidak ada yang menjelaskan tata cara mengabungkan Formula ini, inilah sedikit modifikasi Formula dari saya, entah bagamana menurut orang apakah sudah benar atau masih salah, yang jelas ini hasil kerja saya, beruntunglah teman saya yang mendapat tugas ini, saya sudah mendapat hasilnya.
Sebelum melangkah lebih jauh perlu diketahui terlebih dahulu apa kegunaan dari OR beserta rumus dasarnya, untuk IF dan LEFT kegunaan dan beserta rumus dasarnya ada pada part sebelumnya - Part II - IF LEFT, IF MID, IF RIGHT, VLOOKUP RIGHT dan HLOOKUP LEFT.
 
1.   Gabungan Formula IF, OR dan LEFT
Formula (fungsi ) OR merupakan formula yang digunakan bila pada formula IF yang Logical_test ada dua atau lebih yang [value_if_true] harus sama. Saya sebenarnya orang yang bodoh dalam merangkai kalimat sehingga saya juga tidak dapat mendefinisikan sesuatu. Mungkin untuk mengetahui Formula OR digabungkan dengan IF Anda dapat mendefinisikan sendiri.

Penulisan Formula (fungsi) OR
=OR(logical1;logical2;...)
Dimana:
Logical1 = nilai 1
Logical2 = nilai 2
... = dan seterusnya bila masih ada nilai lagi

Gambar 3.1.1 – IF, OR dan LEFT
Perhatikan Gambar 3.1.1 – IF, OR dan LEFT, gabungan fungsi IF, OR dan LEFT
Untuk IF
=IF(OR(LEFT(B8;2)="PS";(LEFT(B8;2)="PC"));"3 TAHUN";IF(OR(LEFT(B8;2)="KG";(LEFT(B8;2)="KD"));"5 TAHUN"))

Dimana OR(LEFT(B8;2)="PS";(LEFT(B8;2)="PC")) adalah logical_test, "3 TAHUN" [value_if_true], dan IF(OR(LEFT(B8;2)="KG";(LEFT(B8;2)="KD"));"5 TAHUN") adalah [value_if_false].

Bila diperinci didalamnya ada lagi OR(LEFT(B8;2)="KG";(LEFT(B8;2)="KD")) adalah logical_test, "5 TAHUN" adalah [value_if_true].

Untuk OR
= LEFT(B8;2)="PS";(LEFT(B8;2)="PC") 
Dimana LEFT(B8;2)="PS" adalah logical1, dan LEFT(B8;2)="PC" logical2.

Untuk LEFT
=LEFT(B8;2) 
Dimana B8 adalah text, dan 2 adalah num_chars


 Untuk Mendapatkan File Tutorial dalam Bentuk Word klik Tombol Download dibawah.
 *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar dengan bijak, saling menghargai itu baik. Apabila ada link error segera hubungi kami.